Sempat Didera Cedera Hamstring

Porto Football Club kemudian menelan kekalahan dari Malaga dan pelatih mereka Vitor Pereira dihujani kritikan dan cemoohan yang tajam, serta juga para pengamat sepakbola mempertanyakan mengapa seorang James Rodriguez tidak dimainkan sejak menit pertama lantaran ia adalah seorang pemain kunci dan disamping itu, Porto Football Club juga bisa memiliki formasi serta strategi yang lebih solid lagi, bahkan mungkin saja pemain bertahan mereka saat itu tidak perlu diusir oleh wasit keluar lapangan. Keputusan seorang pelatih memang tidak boleh diganggu gugat dan ada campur tangan dari pihak lain.

Selanjutnya pada pertandingan terakhir musim sepakbola tahun dua ribu dua belas hingga dua ribu tiga belas di liga primer Portugal, Porto Football Club harus berhadapan melawan Pacos de Ferreira. Didalam laga pamungkas tersebut, James Rodriguez dilanggar didalam kotak pinalti dan sebagai salah satu gelandang terbaik dunia, ia mampu menunaikan tugasnya dengan cemerlang dengan eksekusi dari titik putih yang sempurna. Hasil tersebut juga membawa Porto Football Club menjuarai gelar juara liga primer Portugal mereka untuk yang ketiga kalinya berturut – turut.

Sebelum paruh kedua musim sepakbola tahun dua ribu dua belas hingga dua ribu tiga belas liga primer Portugal bergulir, James Rodriguez mengalami cedera pada bagian hamstringnya, dan kecelakaan ini mengakibatkan pemain sepakbola yang sekarang sedang dalam status pinjaman ke Bayern Munchen dari Real Madrid ini tidak mampu menjaga kebugaran fisiknya secara teratur, lantaran cedera hamstring merupakan salah satu momok paling menakutkan bagi seorang pemain berita bola tanpa terkecuali. Kaka dari Brasil dan Fernando Torres punggawa Spanyol juga mati karirnya akibat hal ini tidak kunjung mencetak gol.

Akan tetapi James Rodriguez juga tidak sekonyong – konyong menjadi arogan dan mengatakan bahwa dirinya yang paling benar karena bersamaan dengan komentar berita sepak bola indonesia diatas tersebut pemain sepakbola yang sedang menjalani masa peminjaman ke Bayern Munchen Jerman dari Real Madrid Spanyol ini juga menunjukkan rasa hormat atau respeknya kepada pelatih Vitor Pereira disamping dirinya juga sangat mengerti sekali kekhawatiran pelatih Porto Football Club tersebut lantaran James Rodriguez sendiri baru pulih dari cedera hamstring yang sudah lama membekapnya sebelumnya.

James Rodriguez menyelesaikan musim sepakbola tahun dua ribu dua belas hingga dua ribu tiga belas tersebut dengan gelontoran sepuluh buah gol dan tiga belas asis alias umpan berbuah gol dalam dua puluh empat kali penampilannya di liga primer Portugal dan tidak menghitung kejuaraan regional lain. Torehan ini sangatlah baik mengingat pemain sepakbola yang memiliki tinggi badan seratus delapan puluh sentimeter tersebut juga sempat didera cedera hamstring yang memaksanya menepi hingga dua bulan lamanya jika digabung selain ia juga hanya seorang gelandang, bukan penyerang berita bola dunia.