Mantan Punggawa Liverpool Kala Itu

Masih mengenai penghargaan yang diberikan oleh IFFHS atau organisasi pendata dan pengarsipan sejarah sepakbola, terakhir adalah pencetak gol terbaik pada divisi didunia yang diterima oleh Lionel Messi pada tahun dua ribu dua belas hingga dua ribu tiga belas. Pemain sepakbola yang pernah mengalami kelainan hormon pertumbuhan semasa kecilnya itu adalah satu – satunya pesepakbola dalam sejarah yang mampu memenangkan penghargaan IFFHS dalam tiga kategori berbeda, dimana ketiganya sudah dijelaskan diatas. Bukan main kemampuan atlet olahraga berita sepak bola indonesia yang satu ini.

Lionel Messi lagi – lagi mencatatkan dirinya sebagai pemain sepakbola yang trengginas. Namanya juga masuk kedalam daftar La Liga Team of the Season alias tim berita bola dunia yang berisikan para pemain sepakbola terbaik yang berkiprah di La Liga Spanyol musim pertandingan dua ribu empat belas hingga dua ribu enam belas. Perlu diketahui bahwa aneh rasanya jika pemain bernomor punggung sepuluh ini jarang sekali masuk kedalam daftar yang satu ini tapi hal ini dikarenakan baru dibuatnya penghargaan tersebut sejak dua ribu sebelas silam.

Selanjutnya ada penghargaan pemain sepakbola muda terbaik di Eropa yang dibawa pulang oleh Lionel Messi tahun dua ribu lima, dan secara umum penghargaan ini dikenal dengan nama Golden Boy, artinya bocah emas yang diberikan oleh jurnalis olahraga berita bola kepada seorang pemain sepakbola muda dan bermain diliga domestik Eropa yang performanya paling menakjubkan dalam satu tahun kalendar alias dua tahun permainan sepakbola yang masing – masing dibagi menjadi dua musim. Persyaratannya adalah seorang pesepakbola yang berusia dibawah dua puluh satu dan bermain di liga top benua biru hedonis dan tidak beraturan.

Selain itu Lionel Messi juga masuk kedalam komposisi tim terbaik versi UEFA. Pemain sepakbola yang pernah mengalami kelainan hormon pertumbuhan semasa kecilnya tersebut mulai mengisi daftar ini sejak tahun dua ribu delapan hingga dua ribu enam belas namun nama Lionel Messi tidak terdaftar pada tahun dua ribu tiga belas akibat seringnya ia dilanda cedera pada tahun tersebut. Yang membedakan penghargaan ini dengan yang diatas adalah versi UEFA hanya memperhitungkan para pemain sepakbola yang berlaga di kompetisi tertinggi dibenua Eropa tersebut.

Kemudian Lionel Messi juga pernah memenangkan penghargaan Bravo atau Bravo Award tahun dua ribu tujuh. Penghargaan tahunan ini diberikan oleh majalah olahraga asal Italia, Guerin Sportivo untuk para pemain sepakbola muda yang berbakat. Mereka pertama kali menganugerahi penghargaan yang satu ini sejak tahun seribu sembilan ratus tujuh puluh delapan dimana pemenang pertamanya adalah Jimmy Case, mantan punggawa Liverpool kala itu. Menarik untuk diketahui bahwa tidak ada seorang pemain sepakbola yang pernah memenangkan trofi ini untuk dua kali.