Hedonis Dan Tidak Beraturan

Pelatih Argentina kala itu, Diego Maradona dikritik habis – habisan oleh penggemar atas keputusannya memainkan strategi yang tidak biasa, yakni menempatkan Lionel Messi pada posisi yang bukan biasanya ia tempati dengan rincian bahwa pemain bernomor punggung sepuluh tersebut ditempatkan jauh terlalu dalam agar ia bisa berkontribusi dalam penyerangan tim nasional Arentina sesuai dengan potensi penuh kemampuan yang ia miliki karena biasanya Lionel Messi berposisi sebagai sayap kiri atau kanan, sedangkan kali ini ia menjadi penyerang tengah berita sepak bola indonesia didepan.

Pada partai terakhir fase grup tersebut, Argentina mengandaskan perlawanan Serbia sehingga mereka menjadi juara grup sekaligus melaju dengan mulus kebabak perempat fonal dimana Argentina bertemu dengan tim tangguh asal Eropa lainnya, Belanda. Disitu Lionel Messi sekali lagi mencetak gol pembuka berita bola sekaligus juga memberikan asis alias umpan bagi gol kedua Argentina yang akhirnya membawa tim biru langit tersebut memenangkan pertandingan alot dengan skor akhir dua satu walau harus melewati babak perpanjangan waktu terlebih dahulu karena terbukti laga tersebut berjalan dengan berat.

Selanjutnya Argentina lagi – lagi memetik kemenangan kala berhadapan dengan tim nasional Australia pada babak lanjutan fase grup olimpiade musim panas tahun dua ribu delapan dengan skor akhir satu nol dimana kemenangan tersebut memastikan satu buah tempat bagi tim yang berjuluk Si Biru Langit itu pada babak kualifikasi perempat final dimana Argentina berhadapan melawan Serbia yang sekarang sudah terpisah dengan Montenegro. Pelatih Sergio Batista memutuskan untuk mengistirahatkan Lionel Messi pada partai berita bola dunia yang satu ini dengan alasan kebugaran orang yang ia belum kenal.

Kemudian Lionel Messi mengatakan bahwa formasi empat tiga satu dua cukup bagus dimana ia berposisi berada dibelakang dua striker atau penyerang dan menyokong mereka. Posisi playmaker atau pengatur serangan ini dikenal juga dengan istilah “enganche” didunia sepakbola Argentina, dan juga merupakan posisi yang selalu disukai oleh Lionel Messi sejak masa kecilnya bermain untuk Newell Old Boys. Memang pada kenyataannya pemain bernomor punggung sepuluh tersebut bukanlah penyerang namun sayap sehingga ia tidak akan mengalami kesulitan yang berarti jika ditugaskan menjadi gelandang serang.

Pada pertandingan melawan Venezuela tersebut, Lionel Messi mengenakan seragam Argentina bernomor punggung sepuluh untuk pertama kalinya ditim nasional yang ia bela itu, setelah Riquelme, pemain yang mengenakan kostum tersebut menyatakan untuk pensiun dari seluruh laga internasional yang dijalani oleh Argentina. Nomor ini sama dengan yang ia kenakan di Barcelona nantinya setelah Ronaldinho didepan oleh pihak klub yang bermarkas di Camp Nou tersebut akibat gaya hidupnya yang senang berfoya – foya alias hedonis dan tidak beraturan.